Kapolresta Hadiri Peresmian Gedung Keuangan Negara Jayapura 

Polresta Jayapura Kota - Bertempat di Kantor Keuangan Jayapura Jalan Ahmad Yani Distrik Jayapura Utara, Kapolresta Jayapura Kota Kombes Pol. Gustav R. Urbinas, SH., SIK., M.Pd menghadiri peresmian gedung Keuangan negara Jayapura oleh Menteri Keuangan Republik Indonesia Sri Mulyani, SE., M.Sc., Ph.D. Jumat (26/11) siang. 

Turut hadir Dirjen Pajak Suryo Utomo, SE., Ak., M.B.T, Dirjen Bea Cukai H. Askolani, SH., MH, Dirjen Kekayaan Negara Rionald Silaban, SH., L.L.M, Dirjen Perumahan Dr. Ir. Khalawi A. Hamid, MSD. MM, Dirjen Pembendaharaan dan Perbekalan Dr. Hadiayanto, SH., L.L.M, Sekjen Kementrian Keuangan RI Heru Pambudi, SE., L.L.M, Sekda Provinsi Papua Dr. M. Ridwan Rumasukun, SE., MM, Kepala Kantor Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Papua Drs. Burhani AS, MM, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Papua Yang Setiadi Ak. MBA, CA.,CCSA.,CRMP.,CGCAE, Kepala Bank Indonesia Perwakilan Papua Naek Tigor Sinaga, Wakil Walikota Jayapura Ir. H. Rustan Saru serta tamu undangan lainnya. 

Kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dilanjutkan Sambutan dari Kepala Kantor wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Papua, Sekjen Kementrian Keuangan RI dan Sambutan Gubernur Papua yang dibacakan oleh Sekda Provinsi Papua serta pemberian piagam penghargaan oleh Sekjen Kementrian Keuangan RI kepada Marthin Chai (Suku Chai), Perwakilan KPA, PPK dan Pelaksanaan Pembangunan gedung Keuangan Negara Jayapura PT. PP. 

Menteri Keuangan RI Sri Mulyani mengatakan bahwa pembangunan gedung keuangan Negara Jayapura akhirnya terwujud dengan baik dari kepengurusan tanah dan dibangun dengan tata kelola yang baik. 

"Gedung keuangan negara akan digunakan untuk operasional pemerintahan keuangan di papua, dimana papua bukan hanya dana otsus tetapi penggunaan dana desa dari pemerintah pusat kepada pemerintah daerah dari APBN dan APBDl, " ujarnya. 

Menteri Keuangan RI berharap keberadaan gedung ini menjadi modal untuk memberikan dukungan bagi negara membelanjakan anggaran di papua, karena perbelanjaan anggaran di papua cukup besar, baik dari kesehatan, pendidikan maupun instnsi vertikal. 

"Gedung keuangan negara juga merupakan tempat atau wadah di satu gedung untuk memberikan pelayanan yaitu dirjen yang mempunyai instansi vertikal seperti dirjen perbendaharaan, dirjen pajak yang bertugas untuk mengumpulkan penerimaan pajak negara, bea dan cukai yang bertugas untuk memberikan pelayanan pengawasan dan dirjen kekayaan negara membawahi seluruh aset-aset milik negara yang dikelola oleh kementerian keuangan,"jelasnya.

"Dengan adanya gedung ini bisa memberikan pelayanan yang maksimal terutama  meningkatkan perekonomian agar kita bisa melihat pembangunan dan masyarakat bisa lihat secara cepat dan akuntabel, " imbuhnya. 

Ia pun berharap gedung yang telah dibangun bukan menjadi asing diantara orang-orang papua karena kita mempunyai tujuan yang sama yaitu untuk memajukan masyarakat papua dan ekonomi papua sehingga masyarakat bisa merasakan aliran dana dari pusat maupun daerah sendiri sehingga peranan kita untuk mewujudkan ekonomi disini betul-betul terwujud.

Usai memberikan sambutan, Menteri Keuangan RI Sri Mulyani melakukan prosesi penandatanganan prasasti peresmian Pembangunan Gedung Keuangan Negara Jayapura yang menandakan gedung telah diresmikan. (*) 

Penulis   : Andi

POLRESTA JAYAPURA KOTA
Jl. Ahmad Yani No. 11
Jayapura - Papua
Telp : (0967) 534161 / 081248003572