6 Personil Polresta Jalani Sidang BP4R, Salah Satunya Secara Virtual

Polresta Jayapura Kota,- Bertempat di Aula Mapolresta Jayapura Kota telah dilaksanakan Sidang Badan Pembantu Penasehat Pernikahan, Perceraian dan Rujuk (BP4R) terhadap 6 (enam) personil polresta jayapura kota, Jumat (12/3) Pagi.

Sidang BP4R berlangsung dipimpin oleh Wakapolresta Jayapura Kota AKBP Supraptono, S.Sos., M.Si didampingi Kabag Sumda yang diwakili Kasubbag Hukum Iptu Harmin dan Kasi Propam Ipda Firmansyah Arifien, selaku perangkat Sidang yakni Ketua Bhayangkari Cabang Jayapura Kota Ny. Yuhanna Gustav Urbinas bersama pengurus bhayangkari cabang jayapura kota dan pasangan personil yang melaksanakan sidang disertai dengan orang tua wali masing-masing pasangan peserta sidang.

Slah satu pasangan calon yang mengikuti sidang BP4R melakukannya secara virtual bertempat di Provinsi Bali.

Dalam sambutannya, Wakapolresta mengatakan dalam organisasi kepolisian mengenai tata cara pernikahan sudah diatur oleh peraturan dan biasanya digelar secara massal melalui Sidang BP4R.

"Kami selaku tim sidang harus memastikan kepada setiap pasangan calon melalui pengecekan personil. Saya berikan apresiasi kepada setiap pasangan calon yang menjadi peserta sidang pagi ini," Ungkapnya.

Lanjutnya, Dengan adanya nikah dinas ini bukan berarti pasangan calon sudah sah menjadi suami istri tetapi pihak polresta jayapura kota akan mengeluarkan surat rekomendasi untuk menjadi pengantar ke KUA atau kantor catatan sipil untuk melangsungkan pernikahan yang sah secara hukum dan agama.

"Bila sudah berkeluarga nanti, agar para suami untuk tetap menjaga dan melindungi istri dan anak hingga maut memisahkan, sebagai kepala keluarga itu merupakan tugas dan tanggung jawab," Tegas Wakapolresta.

Ditempat yang sama Wakil Ketua Bhayangkari Cabang Jayapura Kota Ny. Yuhanna Gustav menuturkan, kepada setiap pasangan harus memiliki Iman, adil, jujur, asah asih asuh, loyalitas atau ikhlas bekerja mengabdi yang paling utama kepada calon bhayangkari nantinya harus dapat mendukung tugas suami sebagai anggota polri dengan sepenuh hati.

"Dasari niat pernikahan dan berumah tangga dengan Iman, agar semua dapat berjalan lancar dan dapat terwujud rumah tangga yang langgeng dan bahagia hingga akhir hayat," Ujarnya.

Giat dilanjutkan dengan perkenalan seragam bhayangkari dan perlengkapannya oleh pengurus bhayangkari cabang jayapura kota dan diakhiri dengan foto bersama.(*)

Penulis : Subhan

POLRESTA JAYAPURA KOTA
Jl. Ahmad Yani No. 11
Jayapura - Papua
Telp : (0967) 534161 / 081248003572